Tugas24_INF 9_ Bab 1. Informatika MTsN Bagian 2 dari 2

 



TUGAS DI RUMAH :


Salinlah Seperti Artikel ini ke dalam Blog Kalian, dengan ketentuan :

1. Judul : 9....._Informatika MTsN Bagian 2 dari 2
    Foto yang digunakan adalah foto di atas (dari artikel ini)

2. Isi : DENGAN KETENTUAN

    Alinea 1. 

Salam Sobat (nama kalian warna biru), selamat berjumpa lagi dengan blog Salam Sobat, pada kali ini berjudul " SEPERTI JUDUL " selamat membaca dan jangan lupa untuk memberi komentar.

    Alinea 2 dan seterunya : Salin dan Tempel tulisan dibawah ini 


A. JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET 

Ayo, Mengingat 
Di kelas VII, yang terpenting adalah bahwa kalian memahami “keberadaan” jaringan lokal dan internet, sebagai infrastruktur komunikasi antarsistem komputer yang memiliki manfaat. Kalian telah berpengalaman untuk “menghubungkan” gawai di tangan dengan internet, melalui jaringan kabel maupun nirkabel. Kalian mampu menghubungkan laptop/ponsel pintar dengan internet melalui wireless LAN (wifi) dan berbagai macam tethering (bluetooth). Semua aktivitas tersebut hanya dapat dilakukan jika sarananya tersedia. Jika sarana tidak tersedia, minimal kalian memahami prinsip-prinsipnya dan menyimpannya untuk dipakai saat diperlukan. Kalian juga mempelajari teknik keamanan/proteksi data melalui enkripsi. Kalian telah mencoba menggunakan algoritma enkripsi sederhana untuk merahasiakan data dan membatasi akses dengan menggunakan perkakas enkripsi pada aplikasi pengolah kata. Menyadari kondisi jaringan di beberapa daerah di Indonesia sangat berbeda, pembelajaran Jaringan Komputer dapat dilaksanakan tergantung ketersediaan jaringan. Ketiadaan jaringan seharusnya tidak menghalangi kalian untuk setidaknya memahami konsepnya melalui aktivitas permainan peran secara unplugged. 

Ayo, Mengingat Di kelas VIII, secara praktis, kalian telah mempelajari mekanisme komunikasi data yang terjadi dalam jaringan komunikasi pada ponsel yang mempertimbangkan keamanan. Kalian juga bereksplorasi untuk memahami bagaimana pengaruh lingkungan sekitar terhadap kekuatan sinyal komunikasi pada ponsel. Kalian belajar untuk menyusun konfigurasi sebuah jaringan yang kemudian diabstraksikan ke dalam sebuah graf, dan memahami proses routing (pengiriman pesan) dalam sebuah jaringan komputer. Yang paling penting, kalian sudah berlatih bagaimana berinternet dengan aman. Seperti halnya Sistem Komputer, di kelas IX, sudah tidak ada alokasi jam pembelajaran untuk Jaringan Komputer dan Internet, karena capaian kemampuan bidang Jaringan Komputer dan Internet yang ditargetkan untuk siswa tingkat SMP adalah sebagai pengguna. Oleh karena itu, materi JKI untuk kelas IX disajikan dalam bentuk ilustrasi terkait praktik baik penggunaan jaringan komputer dan internet.

B. ANALISIS DATA 

Ayo, Mengingat Di kelas VII, kalian memulai kegiatan Analisis Data dengan memahami apa itu data dengan melakukan input, pengolahan, analisis dengan mengeksplorasi data menggunakan perkakas pengolah lembar kerja. Perkakas tersebut bukan hanya dipakai, tetapi juga dipahami dekomposisi strukturnya (worksheets, cell references, range, cell format, dan lainnya). Kalian menggunakan fungsi-fungsi dasar pada perkakas pengolah lembar kerja untuk mengolah berbagai tipe data teks, angka, dan date & time. Selain fungsi dasar, kalian juga memakai fungsi statistik dasar dan logical function untuk pemrosesan lebih lanjut, guna memahami cara kerja sorting, filter, validasi data, dan share & protect. Walaupun lebih optimal jika memakai perkakas, pembelajaran Analisis Data ini masih dapat dilakukan dengan aktivitas unplugged, terutama jika di sekolah kalian masih mempunyai kendala dengan perangkat TIK. Tidak adanya perangkat TIK hendaknya tidak menjadi hambatan belajar konsep karena analisis data sangat penting untuk literasi dan numerasi, serta menjadi bagian penting untuk persiapan tes PISA. 

Ayo, Mengingat Di kelas VIII, kalian memperdalam konsep analisis data dasar yang dipelajari di kelas VII, lalu diperdalam aspek analisisnya, lebih abstrak, serta diperluas lingkupnya. Kalian mempelajari peringkasan data dan melakukan berbagai proses seperti menyaring dan memvalidasi data, menampilkan data dalam berbagai bentuk visualisasi untuk analisis, interpretasi, dan prediksi. Kemampuan kalian dalam menalar berdasarkan data lebih diasah melalui kegiatan-kegiatan bertahap yang diakhiri dengan sebuah studi kasus yang membutuhkan semua kegiatan yang pernah dilakukan. Analisis Data dan studi kasus yang dirancang bisa disesuaikan dengan persoalan yang kalian hadapi dalam pelajaran lain atau dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan masih dapat dilakukan dengan moda unplugged walaupun mulai lebih sulit dan kurang presisi, serta tidak praktis. Karena analisis data memegang peranan penting dalam tes PISA untuk siswa berusia 15 tahun (rata-rata usia siswa kelas VIII), materi Analisis Data diselesaikan di kelas VIII dan hanya disajikan dalam bentuk ilustrasi pengingat di kelas IX. Ilustrasi diberikan dalam bentuk komik terkait praktik penggunaan analisis data dalam kehidupan sehari-hari.

C. DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

Ayo, Mengingat Di kelas VII, kalian telah mengalami belajar bermakna dalam elemen pengetahuan Dampak Sosial Informatika melalui diskusi terbimbing untuk memahami, menganalisis, dan menyimpulkan dampak teknologi informasi dan komunikasi dari kasus-kasus penemuan teknologi terbaru di dunia. Hasil simpulan kalian, selanjutnya disajikan dalam bentuk poster/presentasi yang dikembangkan secara kolaboratif dengan menggunakan media digital sebagai tempat penyimpanan bersama. Kalian diajak untuk menggunakan produk teknologi informasi secara kolaboratif yang merupakan elemen praktik inti. Kalian juga belajar tentang keterbukaan informasi dan dampak positif/negatif dari keterbukaan informasi. Hal penting yang dipelajari adalah bagaimana siswa dapat menjaga keamanan data dan informasi diri sehingga mampu untuk memilah informasi pribadi/privat mana yang boleh dipublikasi di dunia maya. Beberapa kasus dipaparkan untuk latihan mengasah pemikiran dan menggali pemahaman tentang topik-topik yang dibahas.

Ayo, Mengingat Di kelas VIII, kalian belajar mengenai dampak sosial informatika dalam konteks penggunaan media sosial. Dampak media sosial yang telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk juga siswa SMP, perlu disadari agar kalian dapat berhati-hati dan dapat mencegah, menghindari, dan menguasai cara untuk mengatasi jika terkena dampak dari media sosial. Kalian beraktivitas dengan mengkaji kritis informasi di internet, dalam bentuk kasus-kasus. Kalian diajak untuk menentukan suatu berita di platform media sosial adalah berita bohong atau berita yang valid. Kemampuan tersebut diharapkan mampu untuk dilaksanakan pada kegiatan sehari-hari dan terbawa hingga dewasa. Dengan kesadaran dan kemampuan itu, diharapkan masyarakat akan tumbuh menjadi masyarakat digital madani yang memiliki sifat dan kelakuan yang baik. Di kelas VIII, kalian juga telah berdiskusi berbagai topik perundungan dunia maya yang banyak terjadi di negara kita. Kalian diharapkan mampu mengkaji kritis kasus-kasus perundungan di dunia maya agar selanjutnya mampu untuk mengantisipasinya.

Apa Selanjutnya? Di kelas IX yang merupakan akhir fase D Informatika, kalian akan belajar elemen Dampak Sosial Informatika melalui diskusi untuk mempelajari, menganalisis, mengambil kesimpulan, dan merekomendasikan solusi terhadap kasus ancaman keamanan data dan informasi di dunia maya. Materi keamanan data dan informasi akan dijelaskan secara komprehensif. Selain mengkaji kasus ancaman keamanan data dan informasi, kalian juga belajar mengenai perkakas atau tools untuk melindungi data dan informasi. Kalian belajar merancang mekanisme untuk perlindungan data dan informasi dengan otentikasi. Kalian juga diajak untuk mengeksplorasi penggunaan cookie sebagai fitur keamanan pada peramban.

3. Penutup : 


Terima kasih atas kunjungan SALAM SOBAT (NAMA LENGKAP kalian), semoga blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua pembaca serta memberi manfa'at. Amin.

4. Setelah selesai membuat artikel di Tugas_4 ini, KUMPULKAN link nya ke : KLIK DISINI 

Semoga Membawa Barokah dengan Menambah Ilmu Pengetahuan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama